warungwarung

Hillarious morning

In sumpit on January 10, 2011 at 12:57 pm

Namanya padamu negara – bapaknya bukan pahlawan tapi pernah memarahi saya karena telat pasang bendera pas 17an – jadi saya ngak tau asal usul sahih nama yg berbau patriotis itu. Biasanya Padamu Negara dipanggil Dik. Dia anak paling bungsu, baru berumur hampir 3 tahun jadi pegang sendok pun masih belepotan.

Tadi pagi saya mengajaknya jalan jalan ke tetangga belakang bareng dambel -anjing putih kecil campuran Peking dan pom. Dik memakai sandal kedodoran yg menyulitkannya berjalan dengan baik, ditambah lg badannya yang chubby dan diperparah dia mesti memegang talinya dambel yang bergerak ngak tentu arah. Alhasil dia selalu ketinggalan jauh di belakang.

Sebagaimana anak seumur dia, pelafalan katanya cadel dari A sampai Z tapi sok mau ngobrol.

Sepanjang perjalanan yang pendek ada beberapa tetangga yg menyapa dan menanyakan nama anjingnya – lebih tepat anjing kecil itu kepunyaan kakaknya. “Ambeng”, jawabnya. Tetangga mengulang, “Ambeng?” “Ndaaak. Ambeng!” jawabnya balik. Dan tanya jawab mengenai nama anjing berlangsung bolak balik. Mungkin karena putus asa -ini saya liat hampir di sebagian anak kecil bahwa mereka akan kesal kalo orang dewasa gagal menangkap maksudnya- Dik mendongak dan menyentakan tangan saya, “Maman…” katanya dengan expresi kesal yg kira kira berarti tolong bilangin nama anjing Dambel ke orang budeg ini. Saya membantunya, “Dambel” kata saya. “oh, Dambel” si tetannga tersenyum. Dan si Dik keliatan seneng karena anjingnya dipanggil dengen bener.

Sepanjang pagi saya mengasah kemampuan mendengar bahasa cadel. meskipun seandainya nanti bisa menguasainya dengan baik, sepertinya  tetep ngak mungkin masukin ke CV sbg salah satu keahlian, tapi ngak apa apa karena saya dapet lebih dari sekedar resume yang bagus: hillarious morning!

by gun

Leave a Reply

