warungwarung

coklat panas

In sumpit on January 18, 2011 at 3:58 pm

Secangkir coklat panas menemani pagi pertama di Makati, Manila, tapi tidak untuk training. Extend beberapa hari disini, rasanya menyenangkan juga. Training untuk menjadi volunteer VSO memang banyak memakan waktu. Acara dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam. Hotel kami berada di pinggir kota Manila, di tengah danau, dan sulit akses keluar.

Selesai dari training, kita langsung jalan jalan ke Mal. Menikmati peradaban kembali. 🙂

Sebagai volunteer, kita harus belajar berhemat. Kita tidak digaji layaknya expat, walaupun tinggal di negri orang. Kita dibayar standard living allowance, jumlahnya bervariasi, tergantung negaranya. Aku sendiri bakalan di’gaji’ USD 220 saja, sekitar 2 juta rupiah. Hanya cukup untuk makan standard disana, ngak bisa lagi nongkrong di Starbuck.

Walaupun digaji besar, hampir kita semua ditempatkan di daerah yang tidak ada akses kemewahan. 10 jam dari kota besar, atau ditempatkan di kota kecil. Aku akan ditempatkan di Khojand, kota kecil di utara pegunungan Tajikistan. Tidak ada Starbuck disana. 🙂
Kami semua akan ditempatkan dimana uang tidak berarti, bila ekonomi tidak berjalan di kota tersebut. Bila ingin uang menjadi berarti, kita harus ikut bekerja keras membangun ekonomi masyaraka disana.

Kalau biasanya kita terbiasa untuk makan dimana saja, makan apa saja, kini semua calon volunteer harus belajar berfikir.. apakah makanan ini layak untuk saya? Apakah saya sanggup membayar makanan ini?

Ternyata memilih makanan murah dan terjangkau itu sulit sekali, apalagi ketika begitu banyak pilihan makanan yang ‘tidak terjangkau’ harganya. Mungkin akan lebih mudah bila tidak ada makanan yang ‘tidak terjangkau’, sehingga kita tidak merasa kasihan pada diri sendiri.

Secangkir coklat panas menemani sarapan pagi ini, dengan sendok teh, dinikmati sesendok demi sesendok.
Tanpa pancake, tanpa omelete. Budget saya tidak cukup untuk sarapan lebih mewah daripada secangkir coklat hangat.

 

love,

Jeff – Manila

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: