warungwarung

Sunday at Ivory’s Castle

In sumpit on January 30, 2011 at 12:14 pm

Haha.. judulnya keren.. padahal maksudnya hari minggu ngak ngapa ngapain, Cuma di perumahan Puri Gading.

Hari ini bener bener ingin menikmati hari Minggu. Bangun jam 8 pagi, leyeh leyeh, beli roti tawar dari abang roti yang lewat di depan rumah. Sarapan dengan selai Strawberry. Nonton GLEE di Star World. Ngobrol bentar sama Khalil, anak CouchSurfer dari Tunisia yang lagi ‘mondok’ di rumah selama beberapa hari.

That’s all. Seharian nonton TV, buka internet lewat Telkomnet Instant, berhubung Speedy sudah dicabut. Rencana mau ajak Bimbo dan Nero jalan jalan jadi batal, karena keasyikan baca Artikel2 VSO tentang Tajikistan. Semua dilakukan di rumah ini.

Menikmati Rumah. Rumah ini akan segara di kontrakan tanggal 10 February. Tinggal 11 hari lagi. Dua tahun rumah ini akan dihuni orang lain selama saya menjadi sukarelawan di Tajikistan.

Rumah ini sangat istimewa. Sejak umur 20an, sudah punya cita cita untuk punya rumah sendiri di usia 35 tahun, dan itu betul betul terjadi. Tepat di hari ulang tahun yang ke 35, aku menempati rumah ini. Tiga tahun tanpa terasa rumah ini sudah ditinggali.

Rumah. Home.

Tempat kita merasa nyaman. Tempat kita merasa bebas bisa melakukan apa saja. Tempat merasa terlindungi.

“Apakah rumah ini sudah menjadi rumah idaman anda?” pertanyaan standard pembawa acara TV tentang interior rumah. Kalau pertanyaan itu ditanyakan kepada saya, mungkin jawabannya adalah “Ya, rumah sebagai ‘home’, tapi belum idaman sebagai ‘house’.”

House. Saya masih berharap bisa memiliki rumah kecil 2 lantai dengan taman yang besar dan pemandangan yang memukau. Kalau memungkinkan di daerah yang tidak terlalu terpencil, sehingga bisa buka gallery kecil di depan rumah. Itu cita cita ‘house’ idaman saya.

Tapi sebagai Home. Rumah ini sudah menjadi rumah idaman saya. Saya merasa nyaman berlama lama di dalam rumah ini. Rumah ini juga bawa banyak kenangan, yang baik maupun buruk. Seperti layaknya rumah.

Beberapa kali acara makan makan dibuat di rumah ini, dari cuma teman teman dekat sampai teman teman gereja. Dari acara ulang tahun, sampai peringatan 1000 hari nya Simon. Saya senang rumah dengan banyak kedatangan tamu. Banyak tamu, banyak rejeki. Asal saja, jangan tamu tidak diundang, alias maling. 

Kondisi rumah memang tidak terlalu bagus. Masalah dengan struktur bangunan yang dibuat asal asalan oleh Perumahan Puri Gading, sampai kondisi lembab dinding yang sulit sekali diatasi. Tapi itulah rumah, selalu ada dengan masalah. Karena ini adalah ‘home’, selalu ada kata maaf untuk segala masalah.

Sebagai pemilih rumah, saya juga memiliki Kartu Keluarga. Walau saya hidup sendiri, status saya di Kartu Keluarga adalah “Kepala Keluarga”. Jabatan yang membanggakan. Saya adalah Kepala Keluarga bagi saya sendiri. Kepala dari 1 Kepala.

Apakah saya akan selamanya menjadi Kepala Keluarga untuk 1 Kepala? Apakah suatu hari saya memimpin kepala kepala lainnya? Menjadi Imam bagi penghuni rumah ini ? Atau suatu hari saya malah Cuma menjadi kepala kecil bagi Kepala Keluarga yang lain? Misteri Tuhan yang bisa menjawab. Tapi satu yang saya tahu.

Saya Jeff Kristianto Iskandarsyah. Saya Kepala Keluarga. Hari ini.

Leave a Reply

